Minggu, 14 Juni 2009

People's taste

Menilai akan sesuatu kadang bisa membuat orang-orang berbeda pendapat selalu. Ini saya rasakan selalu pada pengalaman hidup yang sudah 30 tahun ini. Memang taste setiap orang akan sesuatu memang sangat berbeda sekali, ambil contoh saja jika menilai tentang masakan. Lidah setiap orang memang sama, bisa membedakan mana yang asin, manis, asam, pedas, dll. Namun itu semua akan sama sekali berubah apabila mereka mulai membedakannya akan taste masing-masing. Kadang aku merasakan bahwa masakan itu enak, namun orang lain bilang "ah, itu biasa aja deh".Memang kadang berujung akan konflik pendapat yang sangat ekstrem, yang bisa membuat satu sama lain bermusuhan namun untuk sementara. Masa sih karena beda pendapat akan masakan bisa merusak pertemanan? hahaha

Bila itu mengenai indera rasa, coba akan indera penglihatan. Bila seseorang menilai akan sesuatu karya seni misal film maka akan lebih banyak lagi yang berbeda pendapat. Bila ada orang yang menilai bahwa film "Star Trek" yang baru, terlihat biasa saja. Maka sama sekali dengan saya yang menilai film tersebut sangat bagus dan berbeda sama sekali gayanya dengan film terdahulu Star Trek yang sangat melihat akan tehnologi akan masa depan. Namun film ini bisa membalikkan orang yang tidak "Trackies" menjadi "Trackies". Sesuatu yang sangat saya sanjung akan sutradaranya yakni JJ Abram yang padahal tidak  banyak tahu akan film ini sebelumnya.Bahkan pacarku yang dahulu kala menilai film ini sama sekali tidak menarik, setelah menonton film terbaru ini menjadi sangat menggemarinya. Dia bahkan sama sekali tidak tertidur sampai dengan film ini berakhir, sesuatu yang sangat tidak biasa akan tema dari film yang ditontonnya.

Untuk itu memang, seseorang sangat susah ditebak akan cara dia menilai akan kesukaannya berdasar taste. Kadang seseorang bisa beda 180 derajat akan hal itu, sebelumnya suka and next day dia tidak suka. well its human anyway, hanya saja kita melihat hal tersebut dengan sebagai warna hidup yang selalu fleksibel akan sesuatu.

Tidak ada komentar: